Site Loader
Photo by Fatih Yürür on Unsplash

Turki, salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di dunia, merupakan destinasi liburan yang cukup diminati wisatawan akhir-akhir ini. Selain dijadikan destinasi wisata selepas menunaikan ibadah umroh, Turki juga kaya akan sejarah Islam yang wajib banget kita pelajari dan ketahui. Tapi sebelum kita bepergian ke Turki dan menginap di host Kamar Pelajar di Turki, yuk catat dulu apa aja hal – hal yang boleh dan tidak boleh kita lakukan saat berwisata ke negara dua benua ini.

Do’s

  1.   Mengunjungi tempat/makam bersejarah

Hal nomer satu yang wajib banget kamu lakukan saat di Turki yaitu mengunjungi makam pahlawan maupun tempat-tempat penting dan bersejarah di Turki. Salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan yaitu museum. Selain sebagai sarana edukasi untuk para wisatawan, harga tiket yang cukup terjangkau juga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan buat kamu yang pengen liburan murah. Sstt.. asiknya lagi beberapa museum di Turki juga ada yang tidak dipungut biaya masuk, loh.

Topkapi Palace – Photo by Meriç Dağlı on Unsplash

 

Hagia Sophia – Photo by Francesco Ungaro on Unsplash

 

  1.   Mencicipi teh dan kopi khas Turki

Belum ke Turki namanya kalo belum minum teh dan kopi ala orang Turki. Fun fact, orang Turki bisa menghabiskan bergelas gelas teh saat sedang ngobrol, loh. Selain ditemani biskuit (kurabiye) atau lokum (sejenis manisan), biasanya orang Turki menikmati teh dan kopi sembari makan kuaci. Buat kalian yang baru pertama kali ke sini jangan kaget ya, saat melihat gelas kopi dan teh yang ukurannya kecil dan imut.

lokum – Photo by Salih Akyürek on Unsplash

 

Photo by Hoang Tran on Unsplash

 

  1.   Menonton pertunjukan tarian sufi

Tarian Sufi atau yang dikenal juga sebagai whirling dervishes dianggap menjadi bagian dari meditasi diri yang kaitannya erat dengan Tasawuf. Hal inilah yang membuat para penari Sufi bisa berputar selama berjam-jam tanpa merasa pusing. Bahkan, karena memiliki banyak manfaat, tari Sufi juga banyak dilakukan oleh orang-orang dari negara lain.

Tarian Sufi – Photo by Hulki Okan Tabak on Unsplash

 

  1.   Mengunjungi pemandian air panas Turki

Salah satu tempat pemandian air panas yang paling terkenal di Turki yaitu Pamukkale yang terletak di Kota Denizli, Turki. Karena keseluruhan tempat ini yang berwarna putih, tak sedikit orang yang datang ke sini hanya untuk melihat keindahan alam maupun sekadar berfoto ria.

Pamukkale – Photo by Daniela Cuevas on Unsplash

 

  1.   Mencicipi makanan lokal Turki

Kalau ke Turki jangan lupa buat nyicipin makanan Turki yang pastinya enak-enak ya. Selain terkenal dengan kebabnya, Turki juga terkenal banget sama makanan penutupnya yang manis banget. Iya manis, kayak kamu hihihihi….

turkish dessert – Photo by Malicki M Beser on Unsplash

 

Don’ts

  1.   Berbicara sembarangan tentang Atatürk

Buat teman teman yang ingin datang ke Turki alangkah baiknya untuk tidak berbicara yang kasar atau kurang sopan mengenai Bapak Atatürk ini ya. Mengingat penduduk Turki yang dikenal cukup nasionalis, tak sedikit pula orang yang mengatakan bahwa harus berhati-hati saat berbicara mengenai topik ini.

Photo by Kristina Flour on Unsplash

 

  1.   Terlibat adu argumen perihal sepak bola dengan penduduk lokal

Sepak bola juga merupakan cabang olahraga yang cukup diminati di Turki, tapi jangan sampai kamu asal dalam berbicara atau mengungkapkan pendapat kepada salah satu suporter sepak bola tempat kamu tinggal, ya.

Photo by Jeffrey F Lin on Unsplash

 

  1.   Mengambil foto sembarangan tanpa izin

Pengalaman ini pernah terjadi oleh salah satu temanku di Turki. Saat itu temanku sedang mengambil foto sebuah lokasi yang di depannya terdapat sepasang suami istri yang sedang melintas. Alih-alih mendapatkan foto bagus, sang suami malah mendatangi temanku karena tidak terima dan mengira kalau temanku ini mengambil foto sang istri. Be safe, guys!

Photo by Wanaporn Yangsiri on Unsplash

 

  1.   Duduk dengan mengangkat satu kaki saat di transportasi umum

Kejadian ini juga pernah dialami salah satu temanku saat sedang menggunakan transportasi umum kereta. Ia ditegur karena mengangkat satu kakinya saat sedang duduk dan dinilai kurang sopan karena mengganggu orang yang sedang duduk di sekitarnya.

Duduk di lantai juga engga sopan

 

  1.   Berbicara keras atau bercanda saat di transportasi umum

Tak sedikit karyawan maupun orang tua yang menggunakan kereta maupun bis sebagai alat transportasi mereka. Banyaknya penumpang membuat mereka yang sudah lelah karena bekerja harus ikut berdesakan agar bisa ikut naik kendaraan tersebut. Maka dari itu mereka pun menginginkan suasana yang tenang dan tak jarang pula mereka menegur para remaja yang dinilai berbicara keras dan mengganggu. Be respectful to others, guys!

berkomunikasi dengan dunia luar di dalam kereta

 

 

 

 

 

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *