Site Loader

Kalian pernah mengunjungi Jerman tepatnya di kota Munich? Sudah coba bir asli kota ini ? kalau belum, jangan khawatir, kalian bisa mencoba minuman khas Jerman ini di Oktoberfest atau dalam bahasa jermannya biasa disebut Wiesn.

Ssttt…Oktoberfest apa ya?

Oktoberfest merupakan festival bir terbesar di Jerman yang diadakan setiap pertengahan bulan September hingga awal bulan Oktober di Munich-Bavaria. Dan tahun ini perayaannya jatuh pada tanggal 21 September – 6 Oktober 2019.

Festival yang sudah berlangsung selama 2 abad ini ini, tidak hanya menyajikan pesta minuman saja, akan tetapi kita bisa menemukan tradisi kuliner orang Bavaria khususnya Munich pada zaman Raja Ludwig 1.

Di festival bir ini, kalian bisa melihat banyak atraksi-atraksi menarik, terutama melihat orang-orang yang akan berpakaian tradisional Jerman. Dirndl adalah pakaian khas untuk perempuan yang dikenakan selama festival berlangsung dan Lederhosen adalah pakaian khas Jerman berupa celana pendek selutut yang dikenakan oleh pria.

 

Foto: @manu.martin

 

Di hari pertama pembukaan acara ini, biasanya diselenggarakan parade di sepanjang jalan di Munich yang diikuti lebih 1000 orang. Mau tau suasananya kayak apa? yuk tonton video di bawah ini!

 

Faktanya, di festival bir ini tidak sembarang bir bisa disajikan. Hanya bir-bir yang diproduksi oleh beberapa perusahaan saja yang bisa kalian temukan, contohnya seperti list di bawah ini nih:
Augustiner-Bräu
Hacker-Pschorr-Bräu
Löwenbräu
Paulaner
Spatenbräu
Staatliches Hofbräu-München

Gimana? adakah bir yang kalian kenal dari daftar di atas? atau kalian termasuk golongan orang-orang yang tidak suka bir tapi tetap ingin merasakan suasana Oktoberfest?? Tidak masalah kog, kalian tetap bisa pergi kesana dan mencoba minuman-minuman yang disajikan untuk anak-anak, seperti misalnya minuman Apfelsaftschorle (campuran antara air soda dan jus apel).  Jadi tunggu apa lagi? Oktoberfest menantimu sampai tanggal 6 Oktober ini saja loh!

 

 

 

 

 

Artikel ini ditulis oleh: Rhina dan diedit oleh: Dayi

 

Dayi Pendit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *