Site Loader

Kalian mahasiswa di Eropa yang lagi pengen jalan-jalan tapi budget pas-pasan? Emang bisa? Bisa dong! Dengan tips dari Kamar Pelajar, kalian bisa memanfaatkan momen studi di luar negeri untuk jalan-jalan juga pastinya. Yuk, disimak tips-tips serunya!

 

  1. Berburu Tiket Murah
Oh là là , quand tu prends un TER plutôt qu’1 TGV et que tu n’as pas échangé les billets .... Il faut savoir prendre des risques dans la vie... mesurés soit...😁je suis une dingo !
foto: planet.fr

 

Tiket transportasi biasanya salah satu yang paling banyak memakan biaya nih. Nah, kalian bisa menyiasatinya dengan beberapa cara seperti, memesan tiket dari jauh-jauh hari, terutama jika kalian akan berlibur di musim-musim seperti natal, tahun baru atau liburan summer. Selain itu juga bisa menggunakan promo seperti yang ditawarkan perusahan transportasi flixbus. Dengan flixbus kalian bisa memanfaatkan promo 99 euro untuk pergi ke 5 kota sekaligus di Eropa. Selanjutnya, ada juga cara berhemat lainnya yaitu dengan BlaBlaCar, (situs: https://www.blablacar.fr)  dengan sistem nebeng ini kalian bisa mendapatkan tarif yang biasanya lebih murah dibanding moda transportasi lainnya. Promo lainnya untuk pelajar yang ada di Prancis nih bisa dengan memanfaatkan diskon 30 % setiap pembelian tiket TGV dengan membayar 50 euro dalam setahun. Terakhir, kalian bisa menggunakan student beans ( situs: https://www.studentbeans.com / unduh aplikasi di playstore), student beans menawarkan diskon 10 % untuk pembelian tiket flixbus dan 5 % untuk pembelian tiket di omio.com. Tidak hanya itu, di aplikasi ini ada banyak potongan harga untuk pembelian outfit branded dan barang-barang elektronik lainnya loh!

2. Booking Kamar Pelajar

foto: kamarpelajar.com

Kalau tiket sudah berarti tinggal urusan penginapan nih, yang bisa menguras kantong juga kalau ga pandai-pandai memilih. Salah satu cara terbaik untuk menghemat pastinya adalah dengan mem- booking Kamar Pelajar !  Dengan Kamar Pelajar, kalian bisa dapatkan harga per malam yang jauh lebih murah, bisa nambah teman sesama pelajar Indonesia juga dan ga kalah nyaman kog sama penginapan pada umumnya. Tinggal booking di situs kamarpelajar.com, langsung deh bisa memilih host di lebih dari 20 negara dan 30 kota.

3. Masak dan Minum dari Tap water

Afficher l’image source
foto: housely.com

Nah, enaknya nginap  di tempat sesama orang Indonesia, kalian bisa banget nih hemat dengan belanja dan masak bareng makanan Indonesia dengan sambal khas dan bumbu-bumbu lainnya yang ada di toko Asia. Bahkan untuk beberapa pelajar perantau, sakedar Indomie rebus di saat suhu dingin juga sudah istimewa ! Selebihnya jangan lupa untuk membawa tumblr sendiri nih guys, agar bisa digunakan untuk isi air minum gratis di tap water tanpa harus membeli. Sudah ada banyak kota di Eropa yang menyediakan tap water di tengah kota dan daerah turistik, selain hemat kalian juga bisa travelling yang lebih ramah lingkungan jadinya!

4. Mengunjungi Tempat Wisata Gratis

Foto: Koleksi Pribadi

 

Jangan lupa biasakan untuk mengecek tempat-tempat apa saja yang bisa kalian kunjungi dengan gratis di kota yang dikunjungi. Museum-museum milik pemerintah di Inggris adalah tempat yang pasti bisa kalian datangi tanpa biaya. Selain itu beberapa kota lain seperti kota-kota di Prancis, Belgia dan Italia memiliki peraturan gratis untuk biaya masuk pada hari Minggu pertama di setiap bulannya. Ada juga misalnya peraturan di Prancis untuk kalian yang masih di bawah 26 tahun bisa masuk gratis ke beberapa tempat seperti museum Chateaux de Versailles, rooftop Arc de Triomphe dan sebagainya. Jangan lupa untuk membawa kartu mahasiswa dan paspor kalian ya, sebagai tanda bukti untuk bisa masuk gratis ke beberapa tempat wisata di Eropa. Selain museum, ada juga banyak taman terbuka yang tidak kalah cantiknya untuk kalian kunjungi sambil ngobrol asik dengan partner liburanmu seperti foto taman yang di atas.

5. Memilih Waktu Liburan Yang Tepat

Foto: allysontraveljournal.salaovirtual.ru

 

Tips terakhir dari Kamar Pelajar agar bisa tetap berlibur walau budget pas-pasan adalah sebisa mungkin hindari musim liburan seperti saat summer, natal dan tahun baru. Kenapa ? karena selain harga tiket dan penginapan melonjak, ada banyak crowd turis lainnya yang harus kalian hadapi saat berkunjung ke situs wisata di kota tujuan. Dampaknya adalah antrian tempat wisata yang mengular, spot foto yang sulit didapatkan karena banyak keramaian, sampai hal seperti kawanan pickpocket yang lebih banyak berkeliaran. So, selamat berburu jadwal dan tiket yang sesuai budget, juga jangan lupa untuk booking Kamar Pelajar di setiap rencana travelling kalian ya !

Dayi Pendit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *