Site Loader

Sangat jarang mendengar kata kastil ketika menjadikan Belanda sebagai destinasi perjalanan. Padahal negeri tulip ini memiliki banyak kastil yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah reruntuhan kastil yang terletak di Valkenburg, Zuid-Limburg. Kota yang berbatasan dengan Jerman di sebelah timur dan Belgia di sebelah barat menjadi salah satu destinasi popular bagi wisatawan.

Kastil yang sudah berdiri sejak abad ke-12, merupakan kastil pertahanan yang paling strategis dan terkuat pada saat itu. Saat ini kita hanya bisa melihat reruntuhan kastil Valkenburg yang dihancurkan pada tanggal 10 Desember 1672. Namun kita masih bisa membayangkan bagaimana megahnya kastil ini pada masa keemasannya. Untuk mencapai kota Valkenburg, kalian hanya perlu menempuh waktu sekitar 3 jam dengan kereta api dari ibukota Amsterdam.

Untuk masuk ke dalam kastil, kita perlu membayar 13 euro per orang. Jika kalian tertarik, akan ada Castle Ruin Tour dalam rangka National Archaeology Days yang diselenggarakan pada 10 dan 11 Oktober 2020 mendatang.

Selain kastil ini, ada juga Gua Velvet yang menjadi daya tarik bagi wisatawan ke kota tersebut. Gua yang diyakini dibangun pada abad ke-11, menjadi tempat penyimpanan naskah, patung, gambar mural, dan lain sebagainya. Pada saat perang dunia kedua, gua ini digunakan sebagai tempat persembunyian penduduk Valkenburg dan juga pasukan Amerika. Pihak museum memiliki jadwal Evening Castle Tour jika kalian suka dengan sejarah.

Selain untuk menikmati kastil dan gua, para wisatawan juga tak boleh lupa untuk mencicipi beberapa produk lokal yang terkenal. Misalnya saja es krim yang sudah ada sejak tahun 1901. Restoran Botterwijk menyediakan es krim dengan rasa black vanilla yang wajib kalian coba.

Kalau kalian hanya punya waktu yang terbatas, ada baiknya untuk ikut City Tour Valkenburg aan De Geul yang akan membawa kalian keliling kota Valkenburg. Karena city tour ini akan merangkum segala informasi tentang Valkenburg. Untuk city tour menggunakan mobil selama 1 jam, kalian hanya perlu membayar 6 euro per orang.

Kamar Pelajar menyediakan host di kota Amsterdam, Belanda. 🙂

Atrasina Adlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *