Site Loader
Jadwal bis di terminal

oleh Wulan Sari Nur Azkiyah

Musim liburan sebentar lagi akan tiba. Bagi kamu yang suka traveling ataupun yang tidak mau melewatkan liburan musim ini, pasti sudah jauh hari menjadwalkan kota atau negara yang akan dituju beserta transportasi dan penginapan tentunya. Ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa digunakan, mulai dari pesawat, kereta hingga bus. Pemilihan moda transportasi juga disesuaikan dengan kebutuhan, terutama budget bagi mahasiswa tentunya. Pilih pesawat? Ok banget, tapi kalau membeli tiketnya mepet-mepet, cukup mahal juga. Apalagi kalau peak season, harus banget jauh jauh hari. Kereta? Dari pengalaman, kalau di Eropa cukup menguras kantong untuk antar negara. Kecuali antar kota di satu negara, memungkinkan bisa dapat diskon dengan kartu pelajar. Ada yang suka naik bus seperti mimin juga? Toss deh!

Perjalanan menuju Dubrovnik

Perjalanan naik bus mungkin melelahkan dan cukup menyita waktu. Namun, bagi mimin ketika di Eropa, perjalanan dari tengah menuju utara sangat menyenangkan menggunakan bus. Ataupun perjalanan menuju kota di selatan Eropa, seperti Barcelona hingga tenggara Eropa seperti Dubrovnik. Amat sangat menyenangkan. Karena sejauh mata memandang, pemandangannya sangat mengagumkan dan memesona. Banyak hal yang bisa disyukuri akan nikmatnya mata memandang hal-hal baik dan lisan tentunya yang ikut bertasbih.

Pemandangan di sudut benua Eropa tentu berbeda dengan alam Indonesia. Melintasi hutan diantara dua negara saat musim salju cukup menarik, karena semua terlihat putih. Hutan dan gunung yang berbalut salju. Bahkan ada juga desa di bawah kaki gunung, rumah-rumah yang tertutup salju dan asap yang mengepul keluar dari cerobong. Indah sekali pemandangan saat itu, bukan sekedar gambar ataupun video yang bisa dinikmati dari layar kaca tetapi pemandangan nyata yang tertangkap oleh retina secara langsung. Selain itu, tak jarang melintasi padang rumput dan kincir-kincir raksasa yang berdiri kokoh. Musim lain yang menyenangkan adalah musim gugur karena saat daun mulai menguning dan coklat, sepanjang jalan lebih terlihat menawan. Kelebihan lain menggunakan bus, seperti Flix Bus yang sudah menyediakan destinasi beberapa wilayah di Eropa tentunya, dapat melintasi kota dan berhenti di station pusat kota. Jadi cukup menarik pula, sedikit diajak berjalan-jalan menyusuri pusat kota, jalan-jalan gratis. Kalau mimin saat naik bus paling suka duduk di lantai atas di bangku paling depan, karena dengan kaca yang sangat besar mimin merasa puas banget liat pemandangan yang dilalui bus.

Disamping pemandangan yang bagus ada juga hal yang sedikit kurang enak saat naik bus. Pemeriksaan imigrasi saat melintasi suatu negara yang tidak peduli tengah malam ataupun siang. Saat terlelap tidur maka harus bangun ketika pemeriksaan. Walaupun tidak semua negara melakukannya. Pemeriksaan dilakukan cukup lama, bisa 30 hingga 60 menit. Tapi selama identitas kita lengkap, santai saja. Pemeriksaan setiap negara berbeda beda, ada yang hanya mengumpulkan identitas tetapi ada juga yang harus turun bus dan pengecekan barang bawaan. Sejauh ini, menjadi buser mania cukup menyenangkan, apalagi dengan harga tiket 99 euro mendapat 5 tiket bus. Sekian, selamat berlibur bagi kalian yang akan berlibur dan cara lain untuk bisa tetap on budget pesen kamarnya di Kamar Pelajar. Hemat, nyaman dan tambah teman.

Wulan Azkiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *