Site Loader
Angka Angka Kamar Pelajar 2019

Tidak terasa ya udah akhir tahun 2019 aja dan sebentar kita masuk ke tahun baru 2020. Sebagai bagian dari laporan akhir tahun, Kamar Pelajar mau memberi sedikit insight dan data dari perjalanan Kamar Pelajar selama 2019, dan juga setengah tahun terakhir 2018, karena tahun kemarin kami belum punya blog dan belum kirim laporan apa-apa.

Omzet Kamar Pelajar 2019
Omzet Kamar Pelajar 2019

Omzet Kamar Pelajar (dalam IDR) sejak 1 Oktober 2019 sampai hari ini (23 Desember 2019). Kenapa dari Oktober 2019 dan tidak dari sebelumnya? Karena sejak Agustus 2018 sampai September 2019 kemarin, Kamar Pelajar menjalani apa yang kami sebut “masa percobaan” dimana kami mau memperkenalkan Kamar Pelajar kepada semua orang, termasuk pada host dan wisatawan (tamu), sehingga Kamar Pelajar tidak mengambil profit dari tiap transaksi yang terjadi.

Sejak 1 Oktober 2019, Kamar Pelajar menerapkan sistem Down Payment wajib ketika pemesanan. Sistem ini memudahkan Kamar Pelajar dan host dalam segi pembagian hasil, dan juga memberi keamanan kepada host dan jaminan kalau tamunya akan datang (sebelumnya ada beberapa kasus dimana pemesan tidak datang padahal host nya sudah menyiapkan dan meng-cancel pesanan lain).

Profit Kamar Pelajar, selain untuk biaya operasional, nantinya akan digunakan untuk dibagi kepada PPI yang bekerja sama, serta mau diberikan kepada gerakan sosial di Indonesia.

Jumlah permintaan kamar
Jumlah permintaan kamar

Dari jumlah permintaan, Kamar Pelajar juga mengalami kenaikan berbanding periode sebelum Oktober 2019. Jika sebelumnya admin Kamar Pelajar mendapatkan 5-7 permintaan kamar setiap minggunya, sekarang admin kami lebih sibuk karena harus menjawab setidaknya 15 permintaan kamar setiap minggunya. Ada beberapa tebakan kami, tentang alasan kenaikan permintaannya, misalnya branding Kamar Pelajar yang semakin kuat, tim marketing yang semakin rajin dan aktif dalam media sosial, tapi yang kami paling yakin, adalah karena word of mouth, atau cerita mulut ke mulut dari para host dan tamu kami. Terima kasih ya, kalian!

Jumlah insiden keamanan
Jumlah insiden keamanan

Sejak pengurus yang sekarang beroperasi,  mulai Agustus 2018, Kamar Pelajar alhamdulillah belum pernah mengalami insiden keamanan apa-apa. Aman damai sejahtera. Insiden keamanan itu misalnya barang hilang, kecurian, perkelahian, perselisihan dalam bentuk apapun.

Adapun insiden yang terjadi misalnya, tamu sudah booking tapi tidak datang. Atau sebaliknya, pemesanan sudah dikonfirmasi tiga pihak (Kamar Pelajar, host dan tamu), tapi host kemudian membatalkan. Hal tersebut tidak termasuk insiden keamanan. Kamar Pelajar bangga dan senang dengan nilai keamanan ini. Dan akan terus melakukan pemeriksaan kepada tamu maupun host yang ada di Kamar Pelajar, guna memastikan angka ini tetap minim.

Jumlah host sampai sekarang
Jumlah host sampai sekarang

Dalam jumlah host yang mendaftarkan, Kamar Pelajar juga mengalami kenaikan. Namun karena host kebanyakan berstatus pelajar, maka ketika lulus banyak juga yang kembali ke Indonesia. Dengan jumlah ini Kamar Pelajar merasa masih kurang, karena dibanding jumlah ini, jumlah wisatawan yang menggunakan Kamar Pelajar masih jauh lebih banyak. Di tahun 2020 Kamar Pelajar akan bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan jumlah host.

Doakan kami ya! Atau lebih baik lagi, kalau kamu mau bantu kami membesarkan Kamar Pelajar dengan bergabung bersama tim kami, tinggal kirimin data kamu ke mimin@kamarpelajar.com

Satu Cahaya Langit

CEO Kamar Pelajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *