Site Loader

Hogmanay dalam bahasa Skotlandia berarti ‘hari terakhir dalam tahun (yang berjalan).’ Sehingga perayaan Hogmanay di Skotlandia sering dikaitkan dengan perayaan malam pergantian tahun baru yang jatuh setiap tanggal 31 Desember. Edinburgh adalah ibu kota Skotlandia, kota yang sudah berusia ratusan tahun ini terkenal karena keunikan dan kecantikan kota tuanya maupun alamnya.

Princess Street, Edinburgh

Meski dikenal sebagai kota yang tua, tetapi untuk urusan street party pada malam pergantian tahun, maka Edinburgh adalah pemenangnya. Siapa sangka, diantara kastil dan bangunan – bangunan tua, setiap tahunnya Edinburgh mampu mengumpulkan hingga ratusan ribu orang dari berbagai belahan dunia untuk berkumpul dan berpesta yang disebut sebagai Edinburgh Hogmanay. Musim yang dingin pun tidak menyurutkan niat para pelancong untuk terjaga selama 2 malam demi menikmati perayaan tahun baru di Edinburgh. Nah, artikel ini akan memberikan tips & trick seputar Edinburgh Hogmanay yang menjadi lokasi terbaik untuk melewati malam pergantian tahun di seluruh Inggris Raya dan mungkin saja di seluruh belahan dunia.

Edinburgh Hogmanay adalah rangkaian perayaan pelepasan tahun lama dan penyambutan tahun baru. Dimana acara berlangsung pada tanggal 30 Desember hingga 1 Januari. Perlu diketahui bahwa keseluruhan acara ini berbayar dan harus membeli tiket sebelumnya, untuk sobat KP yang mau mengunjungi Edinburgh, jangan lupa untuk beli tiket dan book penginapan kamu dari jauh- jauh hari ya supaya tidak kehabisan.

Eksis dan pamer tiket dulu ya

Hogmanay dibuka dengan pawai obor pada malam hari ditanggal 30 Desember, sungguh perayaan yang sangat unik dimana para peserta diberikan sebuah obor yang bernyala api untuk dibawa sambil berjalan mengelilingi kota mengikuti jalu yang sudah ditentukan. Dengan banyaknya peserta yang antusias mengikuti perayaan ini, tentu saja ribuan kobaran api menyulap Edinburgh menjadi semakin cantik dan menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa, hingga memberi kehangatan ditengah dinginnya malam. Di penghujung malam, panitia sudah menyiapkan panggung dengan pengisi acara lokal untuk para peserta bersiap menyambut ‘the real party’ di keesokan harinya.

Pawai obor ala Skotlandia

 

Puncak acara terjadi pada tanggal 31 Desember dimana jalanan-jalanan utama di sekitar kastil Edinburgh ditutup dan disulap menjadi dance floor untuk perayaan pergantian tahun. Peserta yang akan mengikuti street party ini dapat masuk ke dalam lokasi acara sejak pukul 20.00, beruntungnya Edinburgh Christmas Market yang populer itu pun masih dibuka selama Hogmanay berlangsung dan berada di dalam lokasi acara, sehingga sobat KP yang tidak datang ke Edinburgh sebelum perayaan natal masih bisa menikmati sisa-sisa euphoria Natal pada acara Hogmanay ini. Selain street party, ada beberapa acara lain yang disuguhkan bagi para pelancong di tanggal 31 Desember, dimana alternatif yang diberikan adalah; concert in the garden yang biasanya diisi oleh penampilan artis internasional dan Ceilidh Under the Castle dimana para peserta akan ditemani oleh music khas Skotlandia lengkap dengan bagpipes nya untuk menari tarian khas Skotlandia, tenang saja jika kamu sebelumnya belum pernah menari Ceilidh, akan banyak local guides yang dengan senang hati mengajak dan mengajari kamu untuk berdansa. Jika sobat KP tidak tertarik untuk mengikuti konser ataupun Ceilidh karena sedang under the budget jangan sedih dulu, karena street party yang disuguhkan pun tidak kalah menariknya. Ada banyak atraksi lokal yang disuguhkan seperti sulap, akrobat, stand up comedies, hingga musisi lokal dengan berbagai genre yang siap menemani sobat KP. Semakin malam, suasana akan semakin meriah. Tepat pada pukul 00.00 sobat KP akan disuguhkan dengan tembakan kembang api dari sekitar Kastil Edinburgh, pertunjukan yang berlangsung selama 3 menit ini pasti akan menjadi suguhan kembang api paling meriah dan cantik yang pernah sobat KP lihat. Selain karena jumlah dan variasi kembang apinya yang banyak, tak lupa kembang api yang disuguhkan tepat di atas Kastil Edinburgh sehingga warna- warni cahaya kembang api akan semakin mempercantik Kastil. Jangan pulang dulu meskipun pertunjukan kembang api sudah selesai, karena para musisi pun masih tampil dengan karya-karya terbaik mereka hingga pagi, serta beberapa pub membuka lebar pintu mereka untuk travelers yang ingin melanjutkan dengan after party.

Kembang api cantik, persembahan dari Edinburgh untuk travelers

1 Januari mungkin akan menjadi hari yang sepi untuk di beberapa kota, karena warganya terlelap akibat begadang di malam pergantian tahun. Tentunya fenomena ini tidak terlihat di Edinburgh karena warganya bersiap untuk mengakhiri Hogmanay mereka dengan berenang di sungai Firth of Forth (tentunya dengan temperatur yang sangat rendah). Acara ini disebut sebagai Loony Dook, para peserta yang akan ikut berpartisipasi berenang biasanya akan menggunakan kostum lucu ataupun tematik dan sangat meriah, sobat KP tidak harus ikut berenang jika ingin menjadi bagian dari acara ini, ada berbagai viewing point yang disediakan oleh panitia untuk spectator. Loony Dook menjadi penutup dari serangkaian Edinburgh Hogmanay. Tentunya datang ke Edinburgh pada saat malam pergantian tahun akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Gimana sobat KP? Apakah tertarik untuk ikut serta dalam Edinburgh Hogmanay?

Laura Aprilyani

A traveler, a foodie, and a marketeer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *