Site Loader

Paris menawarkan banyak keromantisan, apalagi sejak ada film Eiffel I’m in Love yang booming di tanah air. Cerita dan setting yang romantis inilah membuat orang Indonesia memiliki banyak ekspektasi terhadap kota ini. Terkenal sebagai The City of Light, kota ini juga terkenal sebagai kota yang penuh dengan scam dan penipuan. Cerita tentang pencuri di Paris bukan hal yang aneh lagi di antara traveller.

Jika berjalan-jalan di paris harus berhati-hati dengan pencuri atau pickpocket. Dari beberapa website, pencuri banyak beraksi di dalam metro, kereta dan tempat-tempat populer. Sudah banyak cerita pencurian yang terjadi di Paris. Salah satu cerita yang pernah terjadi adalah pencurian tas saat mahasiswa Indonesia sedang berfoto di area Menara Eiffel. Karena terlalu asik berfoto, tas berisi laptop diambil oleh seseorang secara diam-diam. Lain kisah di dalam grup PPI Jerman, seorang mahasiswa Indonesia bercerita bahwa ia dan ibunya menginap di hotel di Paris. Malamnya ada pencuri masuk ke dalam kamar hotel dan membobol isi brankas milik ibu dan anak yang menginap di dalam kamar tersebut.

Tak cuma dua cerita itu, sudah banyak kasus pencurian yang terjadi di Paris. Parahnya juga kepolisian di Paris menganggap bahwa pencurian sudah menjadi hal yang lumrah. Karena itu ada beberapa tips penting saat bepergian di Paris :
1. Jangan sampai meninggalkan barang berharga Anda tidak dalam pengawasan. Apalagi jika keasikan foto-foto di tempat tersebut dan lupa dengan barang bawaan.
2. Jangan membawa uang cash lebih dari 100 euro di dalam dompet. Lebih aman jika menggunakan kartu dalam melakukan pembayaran selama perjalanan di Paris.
3. Pisahkan travel document seperti paspor dan ID di tempat yang berbeda dari dompet.
4. Travel insurance sangat penting, karena sebenarnya asuransi perjalanan bisa ikut menanggung kerugian jika hal yang tak diinginkan terjadi saat bepergian.
5. Pelajari jalur yang aman ketika bepergian sendirian di Paris, ada beberapa jalur yang tak aman jika dilalui sendirian, misalnya area di sekitar metro Les Halles, Chatelet, Gare du Nord, Stalingrad dan Jaures.
6. Tetap berhati-hati dan simpan nomor KBRI Paris jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Nomor telpon KBRI Paris +33 1 45 03 07 60

Semoga perjalanan selama di Paris selalu aman ya. Untuk penginapan dengan harga murah dan bersahabat bisa menggunakan Kamar Pelajar. Sila hubungi kami di Instagram @Kamarpelajar.
Referensi : https://www.tripsavvy.com/paris-safety-tips-1618784

Atrasina Adlina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *