Site Loader

Jalan-jalan ke Jerman tampaknya tidaklah lengkap tanpa kunjungan ke kastil Eropa ala abad pertengahan. Kastil yang satu ini, dengan pelafalan khas Jermannya yang membuat lidah kebas, adalah salah satu dari tujuan wisata paling populer yang bisa dibilang sebagai rajanya para kastil di Jerman. Terletak di selatan provinsi Bavaria yang terkenal akan keindahan alam dan kota-kota historisnya, Neuschwanstein menjadi bangunan yang paling banyak dipotret di Jerman dan menyambut 1,3 juta pengunjung tiap tahunnya. 

Konstruksi kastil ini dimulai pada tahun 1869 atas perintah raja Ludwig II dari Bavaria sebagai tempat rekreasi dan peristirahatannya. Keindahan arsitektur dan tampilan bak kisah peri menjadi tuntutan utama dalam pembangunan kastil ini yang memakan waktu hampir dua dekade penuh. Tampilan luar cantiknya inilah yang membedakan Neuschwanstein dari kastil-kastil lain yang pada umumnya dibangun secara fungsional sebagai lini pertahanan. Sayangnya Raja Ludwig sendiri meninggal pada tahun 1886 sebelum kastil ini sepenuhnya rampung dan hanya pernah menghabiskan 11 malam secara total di kastil ini.

Photo by Satria Hutama on Unsplash

 

Nah, buat kalian-kalian yang belum pernah melihat kastil ini secara langsung pasti menyadari betapa familiar bentuknya. Keindahan arsitektur dan nuansa roman Neuschwanstein inilah yang menjadi inspirasi bagi Walt Disney untuk menggambar kastil Sleeping Beauty, yang kemudian diabadikan sebagai logo Disney yang sering kita jumpai di awal tiap film. 

Berjarak kurang lebih 2 jam dengan kereta dari Munich, Neuschwanstein menjadi salah satu lokasi turis paling top di Jerman, terutama di musim panas. Tidak jauh dari Neuschwanstein, terdapat pula kastil Hohenschwangau yang patut dikunjungi. Bagi kalian yang ingin merasakan paket lengkap perjalanan ala turis, bisa membeli tiket untuk kereta kuda untuk memudahkan perjalanan menanjak dari area ticket office hingga pintu utama kastil Neuschwanstein. Pastikan bahwa kalian sedang dalam kondisi fit ketika mengunjungi kastil ini, karena selain terletak di atas bukit, kastil ini pun penuh dengan tangga memutar yang lumayan memakan energi terutama bagi lansia. Untuk kalian para pecinta alam, jalur hiking di sekitar kastil adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sekitar dan mengambil foto instagramable dari kastil Neuschwanstein yang menjulang di antara pepohonan.

Bagi para sobat Kamar Pelajar yang tertarik untuk mengunjungi Jerman, kastil Neuschwanstein ini adalah a must see! Tiket untuk mengunjungi kastil bisa dibeli pada hari kedatangan atau direservasi terlebih dahulu dari jauh-jauh hari, untuk memastikan bahwa kalian tidak akan melewatkan pemandangan indah penuh romansa khas Eropa satu ini. 

Kamar Pelajar sendiri menyediakan host di Zurich, ibu kota Swiss. Walau melintas perbatasan negara, perjalanan dari Zurich menuju Neuschwanstein sendiri hanya memakan kurang lebih tiga jam dengan mobil. Tunggu apa lagi, let’s cross that bucket list!

Ditulis oleh Stephanie Tanus
Foto oleh ig bharat patil on Unsplash

Stephanie Tanus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *