Site Loader

Di artikel terakhir, kita sudah membicarakan salah satu tujuan wisata paling populer di Jerman, yakni kastil Neuschwanstein. Nah, untuk sobat Kamar Pelajar yang lebih tertarik akan tujuan wisata anti-mainstream dan minim pengunjung, kastil Eltz adalah jawabannya. 

pintu masuk Kastil Eltz

Kastil satu ini mungkin tidak seterkenal Neuschwanstein, namun keindahan dan nilai historisnya jelas tidak kalah. Konstruksi kastil dimulai kurang lebih pada tahun 1157 di daerah perbukitan tepi Sungai Moselle, sisi barat Jerman. Kastil ini digunakan sebagai pusat pertahanan dalam konflik politik dan peperangan pada abad pertengahan. Hingga hari ini pun, kastil Eltz masih dimiliki oleh cabang keluarga yang sama (keluarga Eltz) yang tinggal di sana pada abad ke-12, 33 generasi yang lalu. 

Sungai Moselle sendiri merupakan daerah yang terkenal akan keindahan alam dan nilai historisnya. Di wilayah Jerman, yakni antara kota Koblenz hingga Trier, dimana Sungai Moselle mengalir, kalian bisa menemukan berbagai kastil abad pertengahan di daerah lembah ini. Tepat sepanjang Sungai Moselle, terbentang jalur kereta yang menghubungkan kedua kota besar di provinsi Rheinland-Palantine tersebut. Jadi, untuk kalian yang ingin mengunjungi kastil Eltz dan sekitarnya dengan transportasi publik tidak perlu merasa takut. 

Berbeda dengan kastil lain di wilayah lembah Moselle seperti kastil Cochem, kastil Eltz sendiri tidak terletak tepat di sisi Sungai Moselle. Bagi kalian para pecinta alam, kalian bisa mengikuti jalur pendakian sejauh 5 km atau kurang lebih 90 menit dari halte kereta Moselkern hingga kastil Eltz. Untuk kalian yang masih ragu, kalian bisa turun di halte kereta Hatzenport atau Treis-Karden dan melanjutkan perjalanan langsung ke kastil Eltz dengan bus wisata. Sesampainya di sana, kalian bisa langsung membeli tiket untuk mengikuti tur isi dalam kastil. Hal yang terpenting adalah, kastil ini hanya terbuka bagi umum dari bulan April hingga Oktober.

desa kecil Münden, tepi Sungai Moselle
Kastil Eltz dari jalur pendakian
jalur pendakian dari Moselkern
jalur pendakian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu, di daerah sekitar kastil Eltz ini sendiri pun, terdapat banyak jalur pendakian dengan durasi berbeda-beda untuk semua orang, baik yang sudah memiliki sepak terjang tinggi dalam hal kegiatan alam atau yang baru ingin memulai pengalaman baru. Bagi kalian yang fit dan ingin menambah konten Instagram dengan foto-foto cantik, jalur pendakian ini jadi kesempatan yang bagus buat kalian! Jangan takut tersesat, bertemu penjahat ataupun mahluk halus, karena jalur pendakian di Jerman, walau melalui tengah hutan belantara pun, amatlah aman selama kalian mengikuti pertanda jalan yang sudah dipasang dengan jelas. 

Untuk kalian yang bingung mencari penginapan, Kamar Pelajar sendiri memiliki host di kota Frankfurt, yang jaraknya hanya 2 jam dari daerah lembah Sungai Moselle dengan mobil pribadi. Jadi tunggu apalagi kawan-kawan? Kapan lagi bisa mendatangi kastil cantik anti-mainstream yang bakal buat para follower Instagram kalian iri?

Ditulis oleh Stephanie Tanus
Foto oleh Stephanie Tanus

Stephanie Tanus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *