Site Loader

Halo sobat KP! Kalian pasti sudah tahu kan sekarang sudah memasuki era New Normal akibat COVID-19? Yang awalnya negara-negara menerapkan sistem lockdown, kini mereka sudah mulai membuka kembali sektor-sektor yang sebelumnya ditutup loh! Kalau di Indonesia baru sekadar pembukaan mall, pasar, dan tempat wisata, bagimana dengan negara-negara di luar sana ya? Kali ini, Mba Min ingin sedikit membahas salah satu tempat wisata di suatu negara yang bisa dikunjungi beserta protokol kesehatannya nih. Ada yang tau kira – kira dimana negaranya? Cluenya, negara ini masuk ke bagian Uni Eropa, terkenal dengan aksen yang noticeable di telinga orang asing, dan tentunya, negara yang menjadi kiblat untuk para pegiat mode pakaian di seluruh dunia. Yupsie, Prancis!

Prancis, negara yang mendapatkan julukan negara romantis baik dari tempat wisata bahkan aksennya, mulai membuka tempat-tempat wisata yang sebelumnya ditutup karena pandemi COVID-19. Faktanya, Prancis sudah memulai New Normalnya sejak 22 Juni 2020. Hal ini membuat orang-orang kembali antusias dalam berpergian ke luar rumah, terutama untuk berwisata. Salah satu tempat wisata yang sudah dibuka dan mulai beroperasi adalah Musée de Louvre atau Museum Louvre. Museum yang awalnya merupakan istana raja pada abad ke duabelas hingga tujuhbelas ini merupakan museum yang dikenal akan keindahan interior dan eksteriornya yang megah. Museum yang terkenal dengan bangunan piramid sebagai pintu masuknya ini sudah mulai dibuka sejak bulan Juni lalu. Meskipun begitu, museum ini tetap menerapkan protokol kesehatannya kepada para pengunjung. Salah satu aturannya adalah dengan tidak membuka fasilitas penitipan barang untuk sementara waktu.  

Tidak hanya Museum Louvre, tempat wisata lain juga telah dibuka seperti Disneyland Paris, Arc de Triomphe, Menara Eiffel dan masih banyak lagi. Tentunya, dengan dibukanya tempat wisata ini diikuti dengan aturan ketat terkait dengan protokol kesehatannya. Dengan adanya protokol kesehatan yang berlaku, diharapkan hal ini dapat membuat para pengunjung tetap merasa nyaman dan aman saat mengunjungi tempat-tempat tersebut.  Kira-kira, apa saja ya protokol kesehatan yang berlaku? Yuk cek!

  • Reservasi Tempat Wisata Secara Daring (Online)

Bagi Sobat KP yang ingin mengunjungi tempat-tempat di Prancis, untuk saat ini, tiket masuk harus dipesan secara daring nih. Hal ini mencegah adanya antrian panjang yang dapat mengumpulkan massa. Jadi, untuk cari aman, reservasi daring adalah kuncinya. Dengan reservasi daring pun, saat memasuki tempat wisata everything becomes easier: cukup menunjukkan tiket, lalu masuk ke tempat wisata yang diinginkan!

  • Pembatasan Jumlah Pengunjung

Sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di berbagai negara, terdapat pembatasan jumlah pengunjung di tiap tempat wisata. Hal ini mencegah berkumpulnya massa yang memungkinkan terjadinya penularan virus corona. Untuk menanggapi hal tersebut, tempat-tempat wisata di Prancis menerapkan sistem bergilir bagi para pengunjung: jumlah pengunjung di dalam tempat wisata dibatasi baik dari jumlah dan durasinya, kemudian jika satu rombongan pengunjung sudah selesai, maka harus bergantian dengan yang lain. Selain itu, pembatasan ini pun tergantung pada luas bangunan suatu tempat wisata.

  • Menggunakan Hand sanitizer Saat Memasuki Tempat Wisata

Tidak hanya di Indonesia, di Prancis pun saat sebelum memasuki tempat wisata harus menggunakan hydro alcoholic gel atau yang kita biasa disebut dengan hand sanitizer. Hal ini bertujuan untuk memastikan tangan para pengunjung bersih dari kuman dan juga menurunkan resiko penularan COVID-19.

  • Mewajibkan Penggunaan Masker 

Yap! Karena virus ini merupakan virus yang airborne, maka penggunaan masker diwajibkan saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Prancis. 

Himbauan Pemakaian Masker di Prancis
  • Posisi Tempat Duduk: Selang-Seling

Sama seperti di Indonesia, di Prancis pun jika terdapat tempat duduk maka harus diberi jarak satu sama lain. Biasanya tempat duduk yang dilarang untuk ditempati akan diberi tanda silang. Tujuannya? Ya, agar yang duduk tetap merasa nyaman dan aman.

Himbauan Untuk Tidak Duduk di Tempat yang Diberi Tanda
  • Menyentuh Barang? Secukupnya ya

Pernah ngga sih Sobat KP ke toko souvenir, trus nemu barang-barang lucu dan pastinya gatel mau pegang-pegang barangnya? Oops! Karena lagi pandemi, para shopkeeper membatasi hal tersebut nih. Sobat KP hanya boleh memegang barang yang sekiranya akan dibeli. Jadi, jangan usil ya tangannya!

Nah, gimana sobat KP? Cukup informatif kan? Semoga dari informasi ini, Sobat KP jadi semakin terinspirasi ya untuk menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar ya! Stay safe and stay healthy!

 

Ditulis oleh Meutia Rini Zahra

Foto oleh redcharlie (Unsplash), Dayinara Pendit

Meutia Rini Zahra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *