Site Loader

Hai, Sobat KP!

Bagaimana kabarnya di bulan ini? Masih betah di rumah? Atau di tempatmu sekarang sudah mulai melonggar protokol kesehatannya? Apapun kondisinya tetap jaga kesehatan jasmani dan rohani ya.

Memasuki bulan ke 6 masa pandemi, COVID-19 seakan berkelindan dengan kehidupan sehari-hari kita. Ia merubah banyak sekali tatanan kehidupan kita, termasuk di ranah pendidikan. Beberapa teman-teman mungkin ada yang mengalami keberangkatan sekolahnya ke luar negeri yang ditunda atau mungkin ada pula yang sudah memulai perkuliahan dengan metode online. Keseruan kuliah konvensional yang alpa sejak kebijakan lockdown hadir akan jadi tema TotM kali ini, yang KP harap dapat memberikan khazanah dan inspirasi baru bagi Sobat KP di rumah.

Pada kesempatan kali ini, KP mewawancarai Allegra Kartika, yang beberapa tahun lalu sempat menjadi mahasiswi di Kanada, tepatnya di York University di Toronto. Jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Timur dan Eropa Barat, Kanada agaknya terbilang kurang familiar sebagai destinasi untuk melanjutkan pendidikan bagi pelajar Indonesia. Bukan berarti karena kurang familiar maka tidak bisa jadi opsi, justru Kanada bisa jadi pilihanmu untuk mendapatkan beasiswa studi yang berkualitas dan tinggal di negara yang baik dan ramah.

Musim panas di High Park
Ski Resort di luar Toronto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KP: Halo kak Allegra, boleh cerita nggak gimana pengalaman kuliah dan jalan-jalannya di Kanada?

Allegra: Hai Sobat KP, jadi aku di Kanada itu kuliah di Toronto sambil kadang-kadang iseng jalan-jalan juga sama teman. Jadi udah lumayan kenal deh how to get around, where to go, where to eat.

KP: Kan lumayan juga nih yang belum tau gimana sih model travelling-nya kalau di Kanada, kira kira kegiatan apa aja sih yang bisa dilakukan?

Allegra: Banyak banget kegiatan yang menarik wisatawan, dan tergantung musimnya. Aku suka kalau lagi musim panas sih, banyak festival.

KP: Oh, jadi berdasarkan musim gitu ya

Allegra: Iya, kalau Spring, kita bisa lihat-lihat Sakura di High Park. Disaat musim panas, kita bisa banyak nyari jajanan di Food Festivals dan Canada National Exhibition (CNE). Terus kalo Fall biasanya aku jalan-jalan ke taman dan camping, pemandangan alamnya indah banget dan banyak daun berguguran seperti logo bendera Kanada sendiri. Terus ketika Winter kita bisa pergi ke ski resort. Jadi kebayangkan banyaknya kemungkinan spot jalan-jalan di Kanada di tiap musimnya.

High Spark di musim semi
High Park di musim gugur

 

 

 

 

 

 

 

KP: Kalo yang bisa dinikmati sepanjang tahun apa aja tuh? Atau sightseeting-nya bisa kemana aja di Toronto?

Allegra: Kalo sightseeing di Toronto, tentu favoritnya adalah CN Tower. Selain itu kamu bisa jalan-jalan ke stadion dan arena olahraga seperti Rogers Centre, lalu markasnya Blue Jays dan Toronto Raptors. Paling itu sih.

KP: Kotanya sendiri gimana tuh? Asik nggak buat jalan-jalan?

Allegra: Tentu, walkable banget kotanya.

Musim dingin di Yonge-Dundas Square
Canadian National Expo tiap musim panas di Toronto, terkenal dengan makanan-makanan hype-nya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KP: Dulu kan kak Allegra nyambi kuliah di sana, biasanya spare time-nya melakukan apa saja?

Allegra: Kalau lagi sedang gak kuliah, aku kerja part-time. Sibuknya di dua itu haha. Tapi kadang aktif juga di Permika untuk kumpul-kumpul sama teman Indonesia

KP: Oiya, dibandingkan negara negara lain, kira kira apa yang bisa ditawarkan Kanada sebagai destinasi pelajar Indonesia untuk mengejar pendidikan tinggi?

Allegra: Kalo menurutku, Kanada itu negaranya nyaman, aman, dan sangat multikultural. Bener-bener jadi melting pot yang inklusif buat international students. Banyak juga untuk mendapatkan scholarship, jadi biaya hidup bisa jadi lebih hemat. Kemudahan untuk kita cari kerja part-time serta possibilities untuk immigrate di Kanada juga lebih mudah, gak heran jadinya kalau Kanada aman buat orang pendatang.

Indonesian Festival di musim panas
Christmas Market di musim dingin

 

 

 

 

 

 

 

KP: Wah keren, jadi makin mudah nambah teman ya! Oiya kak, bisa bagiin tips untuk memulai langkah untuk belajar di Kanada nggak?

Allegra: Kebetulan banget, kamu bisa langsung hubungi Yes Study Indonesia, konsultan pendidikan tinggi di luar negeri yang terpercaya. Gak cuma Kanada, kami juga memiliki tim yang memiliki pengetahuan tentang pendidikan tinggi di negara-negara lain. Dengan jargon “Never Ending Care”  Yes Study Indonesia siap membantu segala kebutuhan kuliah di luar negeri mulai dari konsultasi jurusan, sekolah, pendaftaran, working permit, hingga pengurusan permanent resident dengan sepenuh hati. Bagi kalian yang tertarik bisa langsung DM kita by Instagram, Chat melalui WA 0812 8000 5257 atau book appointment kalau mau visit ke kantor kita di Gading Serpong.

KP: Wuih, jadi kepengen nabung nih buat apply permanent resident Kanada.

Kira-kira Sobat KP tertarik nggak untuk tinggal di negara yang ramah, indah, maju, dan memiliki kultur yang baik bagi imigran? Kanada boleh jadi salah satu destinasi untuk jalan-jalan selanjutnya, atau bahkan untuk tinggal dalam waktu yang lama.

Sampai tiba masanya keadaan membaik, kamu bisa baca-baca cerita dan info menarik di Blog Kamar Pelajar. Ikuti juga traveler of the month yang akan membagikan cerita-cerita asik tentang pengalaman perjalanan dari teman-teman Indonesia. Sampai di sini dulu, jaga kesehatan dan jangan lupa minum vitamin ya! Ciao.

 

Penulis : Irzan Hakim
Foto : Allegra Kartika
Yang diwawancarai : Allegra Kartika

Irzan Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *