Site Loader

Halo Sobat KP! Kalau minggu lalu berwisata ke tempat-tempat horror di Asia, kali ini kita jalan-jalan ke beberapa lokasi horror di Benua Hitam – Afrika. 

  1. THE CASTLE OF GOOD HOPE – CAPE TOWN

Bangunan tertua di Afrika Selatan ini dibangun pada abad 17 dan memiliki julukan “Benteng Bintang”. Fungsinya sebagai stasiun pengisian ulang logistik bagi kapal dagang mereka yang berlayar dari Belanda ke Kepulauan Rempah di Nusantara. Juga tempat hukuman, penyiksaan, dan eksekusi yang mengerikan. Kini dijadikan sebuah museum 

Di kastil tersebut sering terlihat seorang pria tinggi besar, anjing hitam yang secara tiba-tiba muncul dan akan menerkam siapa saja yang mengunjungi daerah itu. Suara-suara aneh dari bentuk manusia yang melayang tanpa kaki. Mereka yang pernah terseret ke dalam penjara bawah tanah tanpa jendela dan tempat banyak orang yang dipenjara dan di siksa. Kisah lainnya adalah tentang langkah kaki yang mondar-mandir di sepanjang benteng antara dua benteng Leerdam dan Buren; setelah Perang Dunia Kedua.Hantu seorang tentara yang gantung diri di menara lonceng 300 tahun yang lalu, juga hantu seorang wanita berwajah sedih, mengenakan jubah abu-abu panjang, yang berjalan melewati Kastil di malam hari. Yang paling terkenal adalah kisah hantu yang suka berpesta. Lady Anne Barnard, yang tinggal di Castle selama lima tahun dari tahun 1797 ketika suaminya adalah sekretaris kolonial. Hantu Lady Anne terlihat di acara-acara di ballroom dan mengenakan gaun ballgown pada masa itu.

Beberapa penjaga menolak untuk melewati penjara bawah tanah Donker Gat (lubang gelap) saat berkeliling larut malam karena rasanya seperti ada kekuatan yang kuat dari ruang hampa yang ingin menyedot mereka.Sebaliknya mereka berjalan tepat di luar kastil untuk mencapai tempat yang mereka inginkan. 

Source : Wikipedia

 

 2. RUMAH SAKIT KEMPTON PARK

Sebuah komunitas pemburu hantu, rekaman pengalaman mereka saat berjalan-jalan di sekitar rumah sakit yang ditinggalkan pada malam hari. Rumah sakit Kempton Park yang terletak di sebelah timur Johannesburg, telah menjadi hotspot bagi penggemar paranormal. Dari luar bangunan rumah sakit tersebut seperti gedung kumuh yang sepi, dalamnya penuh dengan peralatan rumah sakit usang dan berkarat.

Rumah sakit yang ditutup sehari setelah hari Natal tahun 1996 menjadi salah satu tempat angker di Afrika Selatan. Hampir semua ruangan dan peralatan rumah sakit ditinggalkan. Tahun 2006 ada rencana memperbaharui rumah sakit tersebut. Tapi sampai saat ini belum terealisasikan. Konon hantu dari bangsal psikiatri ternyata yang paling nakal mengganggu para pasien disana. 

Source : Kempton Express

 

Source : Pinterest

 

3. DESA PRINCE ALBERT

Pada tahun 1762 ada desa kecil bernama Prince Albert di Karoo, Afrika Selatan. Desa itu tak hanya ditinggali manusia, tetapi juga penuh makhluk gaib. Uniknya mahluk gaib disana sepertinya cukup bersahabat dan ‘dikomersialkan’ oleh warga desa. Warga di sana menawarkan tur hantu dengan pemandu wisata. Lewat tur tersebut, para turis diajak ‘berkenalan’ dengan hantu pengantin wanita muda yang meninggal tepat di malam sebelum acara pernikahannya. Ia sekarang gentayangan di museum setempat tapi disebut-sebut bersikap baik walaupun meninggal secara tragis. Ada juga seorang pria tua yang bergentayangan di tangga sebuah rumah dan melambaikan tangan kepada para wanita yang lewat.

Source : Garden Route

 

The ghost walking tour – Source : TheStory Weaver

 

4. LORD MILNER HOTEL

Matjiesfontein adalah kota tua di Western Cape yang terkenal dengan cerita hantunya. Khususnya di Lord Milner Hotel. Dari luar bangunan hotel terkesan vintage nan cantik, bahkan sering di jadikan lokasi prewedding. Tapi siapa sangka di balik cantiknya hotel tersebut ternyata menyimpan kisah seram. 

Salah satu kisah yang paling tragis adalah Kate – perawat selama Perang Afrika Selatan, yang meninggal secara misterius. Pengunjung hotel mengaku melihatnya menatap dari menara atas hotel dan mendengar suara kartu yang terseok-seok, yang dia suka mainkan dengan pasiennya, dari sebuah kamar di lantai dua, yang dikenal sebagai “Kate’s Card Room.”

Source : The Culture Trip

Cerita lainnya dari seorang turis yang menanyakan tentang hantu kepada pegawai hotel, pegawai tersebut menunjukkan sebuah peti kecil di ruang tunggu mengatakan bahwa ada foto hantu di sana.

Source : Tails of a Mermaid’s Blog

 

5. TAMAN NASIONAL KAROO

Source : The Culture Trip

Pegunungan di Taman Nasional Karoo yang indah seringkali diselimuti kabut tebal yang menjadi akar dari kisah ini. Penduduk lokal menyebutkan tentang “waterpook” (hantu air) merupakan orang yang tewas tenggelam setelah memancing ke kolam yang dalam.

Lalu ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa roh berwujud kabut tebal menutupi gunung sehingga dapat bergerak tanpa terlihat dan menutupi pergerakan hantu yang ingin menenggelamkan hewan ternak. Tak hanya itu banyak kuburan tak bernama di daerah tersebut yang menambahkan kesan menyeramkan.

Itulah 5 lokasi angker di Afrika Selatan yang Mbamin rangkum untuk Sobat KP. Jadi setelah membaca lokasi-lokasi tersebut, tempat manakah yang bikin Soat KP penasaran berkunjung kesana?

Penulis : Dina Priyanti Sabar.

Sumber foto tertera.

Foto sampul oleh Daniel Jensen dari Unsplash.

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *