Tujuh Tipe Tour Leader Ala Kamar Pelajar

Business SeminarLeave a Comment on Tujuh Tipe Tour Leader Ala Kamar Pelajar

Tujuh Tipe Tour Leader Ala Kamar Pelajar

Ketika berwisata dalam kelompok baik di dalam maupun luar negeri, pada umumnya, terdapat seorang tour leader yang menggiring rombongan wisatawan dari tempat asal menuju ke tempat tujuan lalu kembali lagi ke tempat asal. Selain itu, ia juga bertanggung jawab atas hal apapun yang terjadi pada rombongan tersebut selama tour berlangsung. Ngomong-ngomong tour leader, terkadang ada aja ciri khasnya yang bikin liburan jadi lebih berkesan. Yuk langsung aja kita bahas tipe-tipe tour leader menurut Mbamin.   

1. Si Perfect

Menurut tipe tour leader yang satu ini, semua hal harus terorganisir dengan sempurna. Prinsipnya, nggak boleh ada sedikit pun yang miss selama perjalanan. Sepanjang tour, dilarang telat sedikit pun atau jadwal bakal berantakan! Gak cuma disiplin sama susunan acara tour, Si Perfect juga biasanya bersikap sangat ramah pada seluruh peserta, saking pengen ngasih service yang ideal di mata si tour leader.   

2. Si Humoris

Wah, tour leader model ini sih biasanya punya karakteristik yang asik dan membuat rombongan wisata ngakak sepanjang perjalanan. Banyolannya itu pasti ada aja. Kreatifnya selangit deh, apa aja bisa dijadikan bercandaan. Tour leader kaya gini nih yang sering sukses bikin peserta senang, terhibur, dan cepat merasa akrab. Biasanya Si Humoris juga jago banget bikin liburan jadi lebih berkesan di hati para rombongan.  

3. Si Cekatan

Tour leader yang gentle ini biasanya menjadi salah satu jenis tour leader idaman para peserta. Gimana enggak? Biasanya, Si Cekatan sangat sigap menolong para peserta yang kesulitan, misalnya dalam membantu membawa barang bawaan peserta yang berjibun atau mengatasi masalah peserta yang tiba-tiba jatuh sakit. Pokoknya, tour leader yang satu ini sifatnya peka banget deh. Ia juga lincah dan gesit dalam mengerjakan berbagai tugasnya selama tour berlangsung.

4. Si Pelupa

Sebagai tour leader, wajar jika menjadi orang yang tidur paling malam dan bangun paling pagi, entah karena menemani para peserta untuk mencari kudapan di malam hari atau memastikan seluruh peserta tour sudah menyantap sarapan di pagi hari. Sudah kepribadian aslinya pelupa, ditambah kurangnya intensitas tidur, sifat Si Pelupa ini semakin menjadi-jadi. Tour leader tipe ini terkadang rempong sendiri gara-gara lupa bawa barang ini itu. Biasanya dia juga rajin mondar-mandir kebingungan. Yang penting, jangan sampai lupa peserta tour-nya yang mana ya, nanti malah salah bawa rombongan lagi, hihi, kan berabe kalau gitu.

5. Si Informatif

Tour Leader jenis ini sih luas banget pengetahuannya. Bisa dibilang, ia seperti guide book berjalan. Peserta tanya apa, dia bisa deh jawab. Bukan cuma pandai berkomunikasi, tour leader ini juga nggak tanggung-tanggung dalam memberi informasi untuk para peserta tentang destinasi wisata yang sedang dikunjungi. Umumnya, tour leader  jenis ini merangkap sekaligus local guide yang memang sudah mengenal dengan baik tentang daerah tujuan wisatanya. Terkadang, Si Informatif juga punya jam terbang yang tinggi alias punya banyak pengalaman. Maka dari itu, ia sudah terbiasa menjawab berbagai pertanyaan peserta, mulai dari hal yang basic sampai hal-hal yang lumayan kompleks.

6. Si Skillful

Si Skillful pun bisa jadi salah satu tipe tour leader idaman. Siapa sih yang nggak suka foto-foto selama traveling? Lazimnya, tour leader tipe ini punya berbagai keahlian lain di luar memandu wisata, misalnya skill fotografi. Seru banget kan kalo punya tour leader yang jago motoin, itung-itung melancong bonus jasa foto, lumayan kan, hihi.

7. Si Good-Looking

Waduh, kalau tour leader yang satu ini sih sering bikin salah fokus para pesertanya. Nggak jarang tour leader tipe ini mendapat pertanyaan dari peserta terkait pasangan. Malah, ada juga ibu-ibu agresif yang nggak sungkan untuk bertanya: Dek udah ada calon belum? Ibu kenalin sama anak Ibu, ya. Kalo gini ceritanya, bisa jadi wisata sekaligus sarana cari jodoh, nih!

Diantara semua tipe leader di atas, mana nih kira-kira yang menurut kamu paling oke? Untuk jadi a good leader,kamu bisa banget loh belajar dari orang-orang yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Nah, kalo kamu pengen jadi leader yang lebih oke lagi, bisa cekidot acara dari Permit Beijing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top