5 Makanan Unik Khas Prancis, Tertarik Mencoba?

Prancis Wisata KulinerLeave a Comment on 5 Makanan Unik Khas Prancis, Tertarik Mencoba?

5 Makanan Unik Khas Prancis, Tertarik Mencoba?

Prancis memang populer dengan beragam kulinernya yang maknyus. Selain macaron, croissant, dan baguette, masih ada banyak sajian lainnya yang patut dicicipi. Kira-kira apa aja, ya? Yuk simak beberapa jenis hidangan khas Prancis yang sudah Mbamin rangkum berikut ini.    

5.    Crêpes

Hidangan yang satu ini sepertinya sudah tidak asing bagi orang Indonesia. Akan tetapi, lazimnya, crêpes Prancis tidak bertekstur krispi, melainkan lembut. Santapan ini biasa diolah menjadi makanan asin atau dikenal pula dengan istilah crêpes salées maupun makanan manis atau disebut dengan istilah crêpes sucrées. Kamu bisa menambahkan berbagai topping yang kamu sukai seperti selai coklat, buah-buahan, daging asap, telur atau sayuran. Di Prancis sendiri, crêpes yang paling sederhanadisajikan dengan topping gula pasir. Camilan ini sangat mudah ditemukan di setiap sudut negara Prancis, mulai dari pedagang kaki lima yang dibanderol 2 euro atau setara kisaran tiga puluh ribu rupiah per porsi hingga di restoran mewah sekalipun. Saat ini, adapun bentuk modifikasinya yang hits di kalangan anak muda, yaitu mille crêpes yang artinya seribu crêpes. Kue ini terdiri dari lembaran-lembaran crêpes yang disusun bertumpuk dengan isian krim kocok berbagai rasa.

4.    Escargot

Selain Prancis, beberapa negara lain termasuk Indonesia juga terbiasa mengonsumsi siput atau escargot, baik siput darat, siput air tawar, dan siput laut. Di Prancis sendiri, escargot yang biasa dikonsumsi adalah jenis bekicot darat. Pada umumnya, escargot dimasak dengan cara dikeluarkan dari cangkang, kemudian ditumis bersama mentega, bawang putih, herba, dan anggur, lalu dimasukkan kembali ke dalam cangkang dan disajikan sebagai hidangan pembuka. Untuk kamu yang terbiasa makan keong, mungkin tidak akan merasa asing dengan teksturnya yang kenyal. Namun, untuk kamu yang belum pernah merasakannya, mungkin perlu dicoba.

3.    Raclette

Prancis memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil keju terbesar di Eropa. Ada lebih dari 365 jenis keju yang dijajakan di negara ini, sehingga kamu bisa makan keju yang berbeda tipe setiap harinya. Wow, banyak sekali ya! Ngomong-ngomong soal keju, Mbamin punya suatu rekomendasi hidangan yang identik dengan keju, yaitu raclette. Sebenarnya, raclette sendiri merupakan salah satu jenis keju, namun keju ini biasa disajikan dalam acara makan raclette grill, dilengkapi dengan berbagai jenis daging, kentang, dan sayuran atau acar. Bukan hanya di Korea Selatan atau Jepang, ternyata, barbeque semacam ini pun biasa dilakukan di Prancis. Sajian ini awalnya berasal dari Swiss, tetapi juga cukup populer di Prancis, khususnya di daerah Savoie. Oh ya, kalau kamu coba makanan ini, siap-siap sama baunya kejunya yang khas ya!

2.    Foie Gras

Santapan yang satu ini terbuat dari hati angsa dan bebek yang dikembangbiakkan dan digemukkan secara khusus, yaitu dicekok secara paksa. Teknik mencekok makan sudah diaplikasikan oleh orang-orang mesir kuno untuk menggemukan burung sejak abad XXV sebelum masehi. Akan tetapi, pada saat ini, beberapa negara memberlakukan undang-undang untuk melarang dan memproduksi foie gras karena adanya kontroversi terkait kesejahteraan hewan.

Pangan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin sebagai menu pembuka maupun panas sebagai makanan utama atau pelengkap hidangan lain, biasanya ditemani dengan segelas anggur atau sampanye. Foie gras juga bisa dimakan secara langsung alias mentah, setengah matang, dan benar-benar matang. Pada umumnya, orang Prancis menyantap foie gras pada acara tertentu seperti malam natal atau malam tahun baru.

1.    Galette des Rois

Bagi kamu pecinta makanan manis, wajib cobain deh penganan khas Prancis yang satu ini. Kudapan ini terbuat dari puff pastry yang diisi dengan campuran frangipane atau krim almon dan compote atau potongan buah yang dihancurkan lalu diberi gula.Nama galette des rois sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya panekuk para raja. Beberapa penduduk setempat, terutama di daerah selatan Paris, menyebut kudapan ini dengan nama galette Parisienne atau kuenya orang-orang Paris.

Bentuknya yang lingkaran cukup untuk porsi 4 sampai dengan 8 orang dewasa. Sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau sahabat kamu, ditemani secangkir teh hangat di sore hari. Galette de rois memiliki sejarah yang melekat menjadi tradisi hingga saat ini. Ketika kamu memperoleh potongan yang berisi miniatur raja atau la fève di dalam kuenya, kamu akan dianggap sebagai “raja” atau “ratu” pada acara makan kue ini. Selanjutnya, anggota lainnya yang sedang menyantap kue ini bersamamu harus memberimu sebuah mahkota. Maka dari itu, tidak heran jika kamu membeli kue ini, kamu akan mendapatkan sebuah galette sepaket dengan mahkota.

Nah, sekian lima jenis hidangan asal Prancis, menarik bukan? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top