Panduan Road Trip Aman dan Nyaman Selama Pandemi

Tips Traveling TransportasiLeave a Comment on Panduan Road Trip Aman dan Nyaman Selama Pandemi

Panduan Road Trip Aman dan Nyaman Selama Pandemi

Semenjak pandemi COVID-19 melanda dunia, kegiatan pariwisata di dunia perlu mengalami penyesuaian besar-besaran. Banyak negara menutup pintu bagi wisatawan untuk membendung penyebaran virus. Secara langsung, pandemi ini juga memberikan pola baru destinasi dan moda transportasi yang digunakan para wisatawan untuk berlibur. Meskipun sempat dilanda keterpurukan juga, kegiatan pariwisata dalam negeri menjadi pilihan dengan risiko paling minim yang dapat dipilih masyarakat. Meskipun perjalanan udara ke beberapa tempat di Indonesia juga masih diperbolehkan dengan menaati protokol kesehatan, pilihan transportasi darat menjadi opsi yang lebih aman. Banyak orang memilih berlibur dengan menggunakan mobil pribadi untuk mencapai tujuan antarpulau maupun antarkota yang masih memungkinkan. Moda transportasi ini dipilih demi alasan keamanan dan kesehatan anggota keluarga untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain yang tidak berada dalam satu rumah. 

Nah, dalam artikel kali ini, Sobat KP bisa menemukan beberapa tips dalam berkendara aman terkendali selama road trip. Tanpa berlama-lama lagi, hal-hal ini bisa diperhatikan sebelum Sobat KP memutuskan untuk berwisata dengan mobil pribadi. 

  1. Buat Perencanaan yang Matang

Segala sesuatu yang direncanakan akan berjalan relatif lebih mulus dan tertata. Meskipun pada akhirnya Tuhan yang menentukan, jangan lupa untuk buat perencanaan perjalananmu ya, Sobat KP! Apabila perjalanan yang ditempuh akan sangat panjang, lebih baik untuk merencanakan tempat-tempat perhentian khusus untuk beristirahat atau menginap. Perjalanan darat dengan mobil sangat disarankan untuk dilakukan di siang hari sehingga tidak membahayakan bagi Sobat KP yang belum mengetahui medan perjalanan yang akan dihadapi. Selain merencanakan tujuan, siapa saja yang akan berada di dalam mobil, penting juga untuk merencanakan budget pengeluaran, ya, Sobat KP! Perencanaan ini juga akan membuat kalian lebih siap dengan informasi regulasi berwisata di tempat tujuan kalian selama pandemi. 

  1. Pastikan Mobil dalam Kondisi Prima

Sebelum berangkat, pastikan hal-hal krusial pada mobil sudah aman terkendali, terutama kalau perjalanan darat kalian tergolong sangat panjang. Pastikan juga kalian sudah melakukan servis berkala pada mobil dan semua perangkat sudah layak jalan. Perhatikan jumlah aki, kampas rem, kondisi ban, dan hal-hal penting lainnya sebelum kalian berkendara. Kalian mungkin akan menemukan bengkel di tempat-tempat tertentu di perjalanan, tetapi mempersiapkan segala sesuatu aman terkendali dari rumah sangatlah direkomendasikan. 

  1. Sediakan Alat-Alat Pertolongan Darurat

Jika sedang berpergian di dalam mobil, pastikan kalian membawa kotak P3K untuk berjaga-jaga. Selain itu, sedikan pula kantong kresek atau kantong apa pun yang bisa dijadikan wadah darurat jika ada penumpang yang mabuk perjalanan. Jangan lupa juga membawa kompas, peta cetak, dan senter. Ketiga hal ini akan berguna kalau kalian kehilangan sinyal tiba-tiba, jadi kalian bisa menghindari tersasar. Senter juga akan bisa berguna untuk kalian gunakan di kondisi darurat. Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga kalau Sobat KP punya kondisi kesehatan tertentu. 

  1. Sediakan Hal-Hal yang Membuatmu Nyaman dalam Mobil 

Kalau hal-hal yang paling penting sudah disiapkan, Sobat KP bisa mulai menyiapkan benda-benda pribadi yang bisa membuat nyaman. Bisa saja bantal, boneka, pengharum mobil tertentu, buku, selimut, dll. Sebelum berangkat, Sobat KP juga bisa mempersiapkan playlist favorit untuk diputar selama berada di dalam mobil. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan camilan atau persediaan makanan untuk mengganjal rasa lapar selama di dalam perjalanan. Tentunya hal ini akan sangat membantu agar tidak bosan dan tetap berenergi selama perjalanan. Penting untuk menjaga mood tetap senang selama berada di dalam mobil untuk jangka waktu yang lama, supaya perjalanan dapat dinikmati. 

  1. Siapkan Sejumlah Uang Tunai

Termasuk sebagai bagian dari perencanaan budget, ketika berada dalam perjalanan jauh, Sobat KP sangat direkomendasikan untuk membawa uang tunai. Meskipun di masa sekarang sudah banyak berbagai macam teknologi pembayaran elektronik beserta diskon dan cashback-nya, ketika berada dalam perjalanan jauh, bawalah uang tunai. Cukup tentukan sejumlah nilai yang tidak perlu terlalu banyak, tetapi cukup untuk menjadi dana darurat selama perjalanan. Siapkan juga uang tunai dalam beberapa pecahan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti bayar parkir, biaya toilet umum, dll. 

  1. List Gawai yang Akan Dibawa dalam Perjalanan

Di era sosial media seperti sekarang ini, gadget atau gawai menjadi hal yang wajib dibawa ke mana-mana. Tips tambahan bagi Sobat KP, jangan lupa untuk tulis dan rencanakan gawai apa saja yang akan dibawa dalam perjalanan, mulai dari kamera hingga ponsel. Setelah membuat daftarnya, pikirkan alat-alat untuk mengisi dayanya dan jangan sampai ada yang terlewat. Dengan membuat daftar, Sobat KP bisa meminimalisasi ketinggalan charger atau salah satu gawai andalan untuk menemani liburan. 

  1. Siapkan Alat-Alat Pendukung Protokol Kesehatan

Jangan pernah lupa untuk membawa cadangan masker, hand sanitizer, tisu basah, dan perlengkapan lainnya yang menurut Sobat KP perlu. Jangan sampai lengah ketika berlibur karena pandemi masih belum selesai. Berlibur dengan mobil pribadi memang meminimalisasi risiko, tetapi jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan ketika turun dari mobil, ya, Sobat KP! 

Demikian tips yang sudah dirangkum untuk membuat road trip menjadi aman dan nyaman. Bagi Sobat KP yang berencana liburan dengan moda transportasi mobil, jangan lupa memperhatikan tips-tips di atas dan tetap mengikuti perkembangan peraturan terbaru, ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top